Selasa, 08 September 2015

MENGENAL MAKE UP BRUSH SET DAN FUNGSINYA

Untuk mempermudah mengenali berbagai jenis kuas atau berbagai macam make up brush set tersebut, simak ulasannya berikut. Di bawah ini akan kita bahas mengenai nama-nama macam-macam make up brush dan fungsinya masing-masing.

make up brush pallete set dan fungsinya
Image source: http://www.ehow.com/how_4522977_shop-essential-makeup-brushes.html
01. RETRACTABLE POWDER BRUSH
01 RETRACTABLE POWDER BRUSH
Powder Brush, atau dikenal dengan sebutan “Kuas Powder” biasanya berbentuk paling besar dibandingkan jenis kuas-kuas lainnya dalam satu set koleksi kuas. Powder Brush berfungsi untuk mengaplikasikan loose powder pada wajah. Jika anda menggunakan shimmering powder, kuas ini juga dapat digunakan untuk meratakan atau membaurkan sapuan shimmering powder di wajah di akhir fase make-up, atau tahap finishing make up.
02. KABUKI BRUSH
02 Kabuki Brush
Jenis Kabuki Brush ini dirancang khusus dengan bentuk tangkai yang sangat pendek, namun memiliki bulu kuas yang tebal dan bentuknya bulat. Kabuki Brush khusus digunakan untuk mengaplikasikan mineral foundation. Dibuat dengan ukuran pendek agar memudahkan tangan untuk mengaplikasikan foundation lebih akurat di daerah wajah yang kita inginkan.
03. BLUSH BRUSH
03 BLUSH BRUSH
Blush Brush atau kuas blush digunakan untuk mengaplikasikan blush on pada pipi dan dagu. Ketebalan bulunya lebih sedikit dibandingkan powder brush.
04. FOUNDATION BRUSH
04 FOUNDATION BRUSH
Foundation Brush atau kuas foundation berbentuk pipih, kuasnya padat, dengan ujung brush yang melengkung (tidak lurus). Fountdation brush ini digunakan untuk ngsi untuk mengaplikasikan foundation liquid / cream, ataupun bb cream.
05. CONTOUR BRUSH
05 CONTOUR BRUSH
Dari bentuknya, Contour Brush memiliki kemiringan pada susunan bulu kuasnya. Contour Brush ini biasanya digunakan untuk mengaplikasikan bedak tabor, yang gunanya untuk membuat kontur pada tulang pipi dan garis dahi serta garis dagu, memberikan bedak tabor lebih gelap di bagian leher maupun rahang agar kontur warna dapat membuat karakter wajah lebih slim atau tirus.
06. DUO FIBRE BRUSH
06 DUO FIBRE BRUSH
Disebut duo fibre karena bulunya terbuat dari campuran serat bulu kambing dan serat sintetis. Kuas ini digunakan untuk mengusap dan pencampuran warna agar lebih halus dan sifatnya sangat ringan terhadap bentuk make up cair, krim, ataupun bubuk. Anda dapat menggunakan perona pipi krim untuk dibaurkan di pipi, atau untuk mengaplikasikan serbuk glitter ataupun shimmer dan juga untuk tulang alis.
07. CONCEALER BRUSH
07 CONCEALER BRUSH
Concealer Brush / Kuas concealer ini bulunya berbentuk agak panjang dan ujung kuasnya bulat meruncing. Kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan concealer pada wajah warna kulit wajah yang tidak merata atau mungkin kulit wajah yang sedang berjerawat. Kuas ini juga digunakan untuk menyamarkan lingkaran hitam pada mata.
08. ANGLED CONCEALER BRUSH
08 ANGLED CONCEALER BRUSH
Concealer juga sering digunakan untuk membuat efek shading bentuk wajah dengan membubuhkan warna gelap di bagian bawah pipi untuk membuat kesan tirus wajah. Kuas jenis Angled Concealer ini sangat membantu untuk mengaplikasikan shading dengan menggunakan concealer di bawah pipi, karena bentuk kuasnya dapat mengikuti sudut pipi pada wajah anda.
09. SHADING BRUSH
09 SHADING BRUSH
Kuas ini sering digunakan untuk shading bagian bawah pipi dengan shading yang berbentuk bubuk.
10. EYESHADOW BRUSH
10 EYESHADOW BRUSH
Make Up Brush Set  akan menyertakan berbagai macam Eyeshadow Brush yang memiliki bentuk kuas yang lebih pipih dan ujung brush yang bulat. Fungsinya hampir sama dengan pengulas eyeshadow yang terbuat dari sponge kecil, yaitu untuk mengaplikasikan eyeshadow dan dapat juga digunakan sebagai brush pembentuk sudut mata.
11. EYE BROW BRUSH
11 EYE BROW BRUSH
Eye Brow Brush memiliki ujung bentuk bulu yang lebih runcing. Angle Brow Brush ini umumnya digunakan untuk mengaplikasikan warna pada alis sekaligus merapikan warna alis agar penampilan alis dapat terlihat lebih natural dan tidak kaku seperti olesan pensil. Jika anda menggunakan pensil alis, maka kuas ini juga digunakan untuk membaurkan warna pensil alis atau eye shadow agar terlihat lebih natural.
12. LIP LINER BRUSH
12 LIP LINER BRUSH
Kuas jenis lip liner brush digunakan khusus untuk membuat garis bibir sebelum mengaplikasikan lipstick pengisi yang nantinya akan menggunakan lip brush.
13. LIP BRUSH
13 LIP BRUSH
Sesuai dengan namanya, Lip Brush merupakan kuas untuk bibir. Bulu lip brush ini ujungnya berbentuk lancip. Berfungsi untuk mengoleskan lipstik pada permukaan bibir agar terlihat lebih natural.
14. CREAM EYELINER BRUSH
14 CREAM EYELINER BRUSH
Sesuai dengan namanya, Eyeliner Brush merupakan kuas yang digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner yang berupa cream. Dalam keadaan basah kuas ini digunakan untuk membentuk eyeliner.  Sedangkan dalam keadaan kering dapat digunakan sebagai aplikator eyeliner cair. Bentuk Eyeliner Brush ini agak panjang dengan ujung yang meruncing. Eyeshadow ini membutuhkan kuas yang cukup keras namun tetap memiliki ujung lembut seperti lip brush.
15. SQUARED EYESHADOW BRUSH
15 SQUARED EYESHADOW BRUSH
Kuas jenis squared eyeshadow brush ini berbentuk kotak dan tipis atau pipih. Digunakan untuk mengaplikasikan warna pada make up artistic untuk mendukung kebutuhkan konsep makeup yang digunakan. Ukurannya terdiri dari bermacam-macam, seperti kuas cat minyak. Sangat cocok untuk membuat detail-detail lebih telitli dan sempurna di bagian wajah dan mata.
16. LIQUID EYELINER BRUSH
16 LIQUID EYELINER BRUSH
Dalam Make Up Brush Set juga terdapat Liquid eyeliner adalah eyeliner yang berbentuk cairan. Umumnya terdapat 2 jenis kuas eyeliner cair. Pertama bentuknya seperti ujung spidol dan agak keras, sedangkan yang kedua bentuk kuasnya runcing tetapi sangat lunak.
17. ANGLED EYELINER BRUSH
17 ANGLED EYELINER BRUSH
Kuas ini khusus digunakan untuk eyeliner berbentuk liquid atau cairan. Namun bentuknya melengkung di bagian ujung, hal ini dibuat untuk mempermudah mengaplikasikan eyeliner tanpa harus mengangkat siku tangan saat mengaplikasikan eyeliner dan membuat garis tegas.
18. ANGLED BLUSH BRUSH
18 ANGLED BLUSH BRUSH
Dari namanya, fungsi kuas ini mudah dikenali, kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan blush on di pipi. Namun bentuk ujungnya agak sedikit berbeda, bentuknya menyerong/miring. Hal ini berguna agar penggunaan blush on dapat lebih baik mengikuti kontur pipi.
19. FLAT EYELINER BRUSH
19 FLAT EYELINER BRUSH
Kuas jenis flat eyeliner ini digunakan untuk pengaplikasian eyeliner agar dapat menjangkau sisi dalam bagian kelopak mata (yang sangat berdekatan dengan mata). Bentuknya yang pipih dapat memudahkan anda untuk membuat bentuk eyeliner yang tipis tepat di bawah mata.
20. FAN BRUSH
20 FAN BRUSH
Dari namanya, kuas ini mudah dikenali. Big Fan Brush memiliki bentuk kuas tipis/pipih, lebar seperti kipas tangan. Kuas ini lebih dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai kuas kipas. Fungsi kuas kipas ini adalah untuk merapikan dan membersihkan riasan pada wajah, misalnya bubuk serpihan eyeshadow yang jatuh di daerah wajah lainnya.
21. MASCARA BRUSH
21 MASCARA BRUSH
Kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan mascara pada bulu mata. Kuas mascara pada make up brush pallete biasanya berbentuk standar, tidak ada variasi ulir kuas, atau sikatnya berbentuk kuas yang biasanya terdapat di produk mascara pada umumnya.
22. SPONGE APLICATOR
22 SPONGE APLICATOR
Sponge Aplicator ini tidak berbulu, namun menggunakan sponge berukuran kecil yang berbentuk pipih dan oval memanjang. Fungsinya adalah untuk membaurkan dan menghaluskan gradasi warna eyeshadow agar terlihat lebih natura.
23. EYEBROW COMB
23 EYEBROW COMB
Eyebrow Comb lebih dikenal dengan sikat alis. Sikat ini berfungsi sebagai sisir alis dan sisir bulu mata. Bagian yang berbulu lebih kasar dari bulu lembut sikat lainnya, berbentuk seperti sikat gigi memiliki fungsi untukai sisir alis. Dan digunakan pula untuk membaurkan warna agar kelihatan lebih natural. Sedangkan sisir yang berbentuk seperti sisir plastic berukuran mini berguna sebagai sisir bulu mata baik sebelum dan sesudah dibentuk.
Untuk menjaga kebersihan koleksi Make Up Brush Set anda, maka biasakan untuk membersihkan kuas setiap kali habis pakai. Selain memelihara keawetan kuas, maka tempat atau dompet koleksi kuas anda pun tetap awet dan bersih.

Sumber :
http://www.kilasdara.com/2015/03/mengenal-make-up-brush-set-dan-fungsinya/

3 komentar:

  1. Mksh... sangat membantu. Artikel di sertai dengan gambar sehingga lebih jelas maksud dari tiap2 jenis kuas.

    BalasHapus
  2. Oh my oh my, banyak banget bentuk brushnya sampe bingung dah, hehe..

    BalasHapus
  3. Terimakasih.saya Bari aka beli brush to msh bingung penggunaan masing2.jd sangat membantu.

    BalasHapus